Sabtu, 25 Agustus 2012

Catatan Harvest Moon : Back To Nature . TIPS & TRIK

  • Saat awal-awal permainan, sering-seringlah menambang di Spring Mine (minimal cari Silver Ore, jangan yang Copper Ore!), lalu ambil 3 Bamboo Shoot juga 1 Blue Grass di area kolam air panas dan ambil 1 Blue Grass di area rumah Gotz. Lakukan setiap hari, menabunglah sampai uang kamu mencapai 5000G lalu pergilah ke Supermarket dan belilah Basket. Bawa Basket ini saat kamu akan pergi menambang, carilah minimal Silver Ore lalu taruh di Basket (dapat diisi hingga 30 pcs), semakin kamu masuk ke dalam tambang semakin besar kemungkinan kamu akan mendapat ore yg lumayan langka (Mystrile Ore, yang berwarna biru) dan tentu saja harga jualnya lumayan tinggi (40G).
  • Saat awal-awal permainan, sering-seringlah lewat Yodel Ranch. Jika beruntung, akan ada event mengenai Barley khawatir dengan kudanya. Bicaralah dengan Barley maka dia akan menceritakan tentang peternakannya yang sudah penuh dengan hewan ternak, sekarang ditambah lagi kuda yang baru dilahirkan ini. Lalu Barley akan menawarkanmu untuk memelihara kuda ini, jawab "Yes" maka Barley akan senang sekali. Berilah nama kuda tersebut dan Barley akan membawanya ke perkebunanmu. Rajin-rajinlah ajak bicara kuda milikmu dan jangan lupa disikat setiap hari (belilah sikat/Brush di Saibara Blacksmith seharga 800G).
  • Pergilah ke pantai di hari jum'at, sabtu atau minggu pada pukul 07.00AM s/d 10.00AM atau pukul 07.00PM s/d 10.00PM, maka kamu akan melihat seseorang sedang memancing di dermaga, namanya Greg. Bicaralah dengannya dan dia akan bertanya kepadamu apakah kamu suka memancing. Jawab "Yes" maka Greg akan memberikan pancingannya (Fishing Rod) kepadamu. Jika kamu mendapatkan ikan, taruhlah ikan tersebut di kolam ikan di kebunmu. Kamu tidak wajib untuk memberikan ikan-ikanmu makan, tetapi dengan memberikannya makan maka mereka akan berkembangbiak. Kamu bisa membeli makanan ikan/Fish Food di Supermarket (bentuknya seperti bungkus chiki berwarna putih dan biru muda) seharga 20G/unit. Lemparkan 1 unit Fish Food untuk 1 hari (walaupun kamu punya 99 ikan di dalam kolam, dengan melempar 1 unit Fish Food sudah cukup untuk 1 hari). Jika kamu sudah mempunyai minimal 50 ikan di kolam (dan mengosongkan 1 slot alat kebun diranselmu), Greg akan datang dan memuji kolam ikanmu yang penuh dengan ikan. Lalu dia akan memberimu Fishing Pole (versi power-up dari Fishing Rod) yang membuatmu dapat memancing ikan dengan lebih mudah.
  • Untuk mendapatkan madu, pertama-tama tanamlah 1 bibit bunga saat Spring, Summer atau Fall; setelah berbunga maka lebah akan datang dan membuat sarang di pohon apel dekat kolam ikan. Ambil madu dari sarang tersebut (jangan di jual), temui Louis di rumahnya Gotz dan berikan madu tersebut kepadanya. Keesokan harinya Louis datang ke perkebunanmu dan meneliti sarang lebah milikmu lalu dia bilang kalau madu yang kemarin itu adalah madu dari lebah langka yang dia cari-cari selama ini. Setelah event tersebut maka harga jual madu dari kebunmu akan meningkat dari 50G menjadi 60G perbuah. Madu ini hanya bisa diambil satu hari sekali.
  • Untuk mendapatkan Relaxation Tea Leaves, kamu sudah harus mempunyai Large Rucksack dan membawa 7 Flour/tepung; event ini hanya berlaku saat Spring. Pergilah ke rumahnya di belakang gereja antara 03.00 PM s/d 04.00 PM. Berilah tepung kepada salah satu kurcaci, kalau dia bilang "kalau kamu ingin ikutan pesta teh, kamu harus bawa hadiah, budum" itu berarti mereka akan mengundangmu untuk acara minum teh namun dengan syarat kamu harus memberikan setiap kurcaci hadiah. Berikan tepung kepada kurcaci yang lain secara merata dan tak lama kemudian acara akan segera dimulai. Setelah acara selesai, kamu akan di beri Relaxation Tea Leaves sebagai hadiah. Event ini hanya berlaku 1 kali dalam musim Spring di setiap tahun. Note: Syarat minimal agar bisa diundang ke acara pesta teh yaitu 6 kurcaci harus memiliki 3 hearts, sedangkan 1 kurcaci memiliki 4 hearts.
  • Untuk mendapatkan Perfume (Love Potion) saat Summer, apabila hari ini terjadi badai maka esoknya pergilah ke pantai, otomatis kamu akan memungut sesuatu seperti surat di dalam botol. Kai datang dan menanyakan apakah kamu akan tetap tinggal di desa, jawab "tinggal selamanya" maka dia akan mengambil surat dalam botol tersebut dan memberimu perfume. Event ini hanya berlaku 1 kali.
  • Untuk mendapatkan Chocolate, saat Thanksgiving 14 Winter bila ada gadis yang hatinya UNGU-BIRU maka gadis itu akan memberimu Chocolate. Bila ada gadis yang hatinya HIJAU-KUNING-JINGGA-MERAH, dia tidak akan memberimu Chocolate melainkan Chocolate Cake. Gadis tertentu akan datang pada jam 06.00AM (Popuri), 08.00AM (Ann), 10.00AM (Elli), 01.00PM (Karen), dan 03.00PM (Mary).
  • Jika kamu ingin menaruh ayam peliharaanmu di luar, alangkah baiknya kamu membuat pagar disekelilingnya; dalam hal ini menggunakan lumber lebih ampuh daripada menggunakan batu. Sudah saya tes, ternyata jika menggunakan batu untuk membuat pagar, anjing liar dapat melewatinya. Sebaliknya jika menggunakan lumber, anjing liar tidak dapat melewatinya. Jika salah satu lumber telah lapuk/rusak, kamu bisa menggunakan palu untuk menghilangkannya dan gantilah dengan lumber yang baru.
  • Pada musim Winter saat cuaca bersalju, temuilah Basil dan Ellen maka mereka akan bercerita tentang bunga kebahagiaan (a Flower of Happiness) yang sangat langka. Pada hari yang sama, mulai jam 06.00PM, pergilah ke puncak Mother Hill maka kamu akan melihat sekuntum bunga berwarna putih dan kamu akan terbangun keesokan harinya. Bicaralah dengan Ellen juga Basil perihal bunga yang kamu lihat kemarin malam.
  • Tips untuk mengantisipasi badai Summer/Winter. Buatlah 2 save data dalam 1 memory card. Setiap akan tidur dan membaca diary, save permainan pada save data yang berbeda (misalnya sabtu di save data 1, minggu di save data 2, senin di save data 1, dst.). Jika kamu menonton TV, ada berita tentang badai yang akan terjadi besok, kamu tinggal load permainan kamu yang paling lama (misalnya kamu sudah save di save data 1, terus kamu liat berita akan ada badai besok, kamu tinggal load yang save data 2). Lebih baik mengulang 1 hari lagi daripada mengambil resiko datangnya badai dan melihat hothouse sudah tidak ada lagi.

4 komentar:

  1. gan bisa ternak hewan lain ga.. seperti monyet . tupai.

    BalasHapus
  2. Elli gua lagi love merah, bagusnya dikasih apaan ya kalo di bulan winter? Coz kalo bulan biasa gua kasihin bunga.

    BalasHapus